Qurban with Geografi 1439H

1535782989088

Forum Sosmas Fakultas Geografi UGM mengadakan kegiatan qurban pada Hari Raya Idul Adha Tahun 2018 M/1439 H selama dua hari di Kulon Progo, tepatnya di Dusun Dlingseng, Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo. Kegiatan yang dikenal dengan nama Qurban with Geografi, tahun ini mengusung tema “SEMBELIH : Semangat Berkurban Latih Keihklasan” sehingga diharapkan dari adanya kegiatan Qurban ini dapat melatih para mahasiswa untuk dapat ikhlas membantu sesama saudara muslim yang membutuhkan. Qurban with Geografi diinisiasi oleh BEM Fakultas Geografi dan Jamaah Muslim Geografi serta diikuti partisipasan dari 7 UKM/HMJ lain yang tergabung dalam Forum Sosmas Fakultas Geografi. Total panitia yang ikut adalah 32 mahasiswa dari berbagai latar belakang organisasi.

                Kegiatan Qurban dilaksanakan pada Hari Selasa-Rabu tanggal 21-22 Agustus 2018. Kegiatan dimulai dari keberangkatan panitia dari Fakultas Geografi menuju Dusun Dlingseng pada Selasa sore yang terbagi dalam 2 kloter. Acara pada malam hari raya dibuka dengan sambutan dari kedua belah pihak, dari pihak mahasiswa diwakilkan oleh Naufal Fatah selaku ketua panitia dan pihak desa diwakilkan oleh Pak Kuntarno. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengajian yang ceramahi oleh Ustadz Hasim Ikhwanudin, S. Ars, dan dihadiri warga sekitar Dusun Dlingseng dibawah naungan Jamaah Kembang. Pengajian berlangsung khidmat dan warga sangat antusias mendengarkan ceramah ustadz yang diselangi dengan candaan-candaan khas masyarakat perdesaan. Tidak berhenti disitu, setelah pengajian berakhir terdapat pemberian santunan berupa uang kepada 8 anak yatim dari PAC IPNU IPPNU Kalibawang yang ikut membantu menyukseskan acara Qurban with Geografi. Kegiatan malam itu ditutup dengan menggelar donasi berupa pakaian dan buku bekas di depan Musholla Baitul Hikmah yang telah terkumpulkan sebelum keberangkatan agar dipilih sendiri oleh warga yang membutuhkan.

2 (1)

                Rabu pagi panitia bersama warga bersama-sama berangkat ke Masjid untuk menunaikan Solat Idul Adha sebelum dilakukannya penyembelihan hewan Qurban. Hewan Qurban yang disembelih terdiri atas 5 kambing atas Shohibul Qurban yaitu Lambang Septiawan (PW 14), Ibu Umi Listyaningsih, Prof. Hartono, Pak Eko Haryono dan Pak Suharyadi yang diamanahkan kepada Forum Sosmas untuk diserahkan kepada warga Dusun Dlingseng, sedangkan dari pihak warga sendiri tidak ada hewan Qurban yang disembelih karena keterbatasan hidup warga disana. Setelah Solat Idul Adha, panitia dibagi menjadi dua tim, tim yang membantu penyembelihan hewan Qurban yang diisi oleh mahasiswa laki-laki dan tim yang bermain bersama anak-anak TPA untuk diadakan lomba-lomba Islami.

1535781855030

                Kegiatan penyembelihan hewan Qurban dan baksos bersama anak-anak TPA selesai pada siang hari menjelang dzuhur. Daging Qurban yang telah dipotong dimasukkan kedalam 70 plastik kemudian diantarkan menuju rumah-rumah warga. Sedangkan tim yang bermain bersama anak-anak TPA mengakhiri kegiatannya dengan membagi-bagikan hadiah kepada setiap anak agar semakin giat dalam belajar. Rangkaian Qurban with Geografi diakhiri dengan pelepasan dari pihak desa kemudian dilanjutkan foto bersama. Semoga dari kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa kepedulian sosial dari mahasiswa terhadap masyarakat yang membutuhkan di luar sana dan mempererat tali silaturahmi yang sudah terjalin kepada warga Dusun Dlingseng dengan Fakultas Geografi UGM.