Kolaborasi JMG x BEM Geografi bersama HMD Fakultas Geografi UGM

Jamaah Muslim Geografi berkolaborasi dengan BEM dan HMD Fakultas Geografi termasuk EGSA, HMGP dan HMSAIG mengadakan kegiatan tahunan yaitu “Qurban with Geography” yang diselenggarakann di Dusun Munggang Lor, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo. Sama seperti tahun lalu, kegiatan kali ini mengusung tema “SEMBELIH : Semangat Berkurban Latih Keihklasan”. Kegiatan yang diselenggaran pada hari Sabtu (10/08) sampai dengan Ahad (11/08) tersebut diikuti oleh sebanyak 27 mahasiswa.

Pemotongan hewan qurban dengan warga lokal

Hewan qurban yang terkumpul sebanyak 1 ekor sapi dan 5 ekor kambing dari sohibul qurban yang merupakan dosen dan para alumni Fakultas Geografi UGM. Panitia qurban turut berinovasi dalam pendistrbusian daging qurban sebagai salah satu upaya dalam pengurangan pemakaian plastik. Pendistribusian daging kepada warga dusun dilakukan menggunakan wadah berupa “kreneng” yang terbuat dari bambu. Hal tersebut juga sebagai salah satu sarana dalam mengangkat produk dari perajin lokal disamping mengedukasi masyarakat untuk turut serta dalam pengurangan plastik sekali pakai.

Penggunaan Kreneng untuk mendukung program ramah lingkungan

Selain penyembelihan hewan qurban, juga diadakan beberapa rangkaian acara yaitu pengajian, pembagian sembako gratis, dan kegiatan TPA.

Pengajian oleh Ust. Soetardjo dihadiri warga desa Munggang Lor

Pengajian dilakukan pada malam hari raya di Masjid Al-Bashirah dan dihadiri oleh warga masyarakat setempat. Keesokan harinya diadakan pembagian sembako gratis berbarengan dengan pengambilan daging qurban. Sembako tersebut sejumlah 105 paket yang merupakan hasil pengumpulan donasi yang telah dilakukan sebelumnya.

Pendistribusian Sembako dan Hewan Qurban

Kegiatan TPA diisi dengan berbagai macam acara yaitu hafalan surat-surat pendek, cerdas cermat, hingga pemutaran film kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Belajar Bersama dan TPA

“Sesuai dengan tema yang diungsung, esensi dari acara qurban kali ini tentunya untuk melatih keikhlasan demi meningkatkan rasa kepedulian kita bersama dalam membantu saudara kita yang membutuhkan. Keikhlasan tersebut diwujudkan dalam berbagai rangkaian kegiatan, baik qurban, bakti sosial dan belajar bersama sehingga dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat di sekitar kita. Harapannya kedepan, acara ini dapat terus memberikan kebermanfaatan bagi banyak orang, tidak hanya menjadi sarana penyaluran hewan qurban saja tapi dapat turut serta dalam mengedukasi masyarakat sekitar melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan”, ujar Qooi Insanu Putra selaku ketua panitia Qurban with Geografi 1440 H.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar