Wednesday, January 23, 2019

Mahasiswa Cerdas Dalam Pergaulan

aHR0cDovL3d3dy5idXNpbmVzc25ld3NkYWlseS5jb20vaW1hZ2VzL2kvMDAwLzAwNi8zNDYvb3JpZ2luYWwvcGFwZXJkb2xscy5qcGc

Kehidupan sebagai mahasiswa merupakan tahap awal kemandirian dalam hidup. Sebagai mahasiswa yang sudah dewasa dan memiliki tanggungjawab besar kita harus memilih lingkungan yang baik. Lingkungan baik merupakan lingkungan yang mampu menumbuhkan dan membentuk karakter Islami sesuai tuntunan Rasulullah SAW. Apabila dalam menjalani kehidupan sebagai mahasiswa terjerumus pada lingkungan yang buruk maka kehidupan kita hanyalah terbuai dalam kesenangan yang sementara dan membuang banyak waktu yang seharusnya mampu kita manfaatkan menjadi sesuatu yang lebih produktif. Masa muda sebagai mahasiswa merupakan masa emas untuk mengukir prestasi membanggakan terutama prestasi yang bermanfaat bagi perkembangan Islam. Karena kita sebagai pemuda Islam harus memiliki visi misi yang kuat.

Dalam kehidupan perkuliahan terdapat lingkungan yang baik dan kurang baik. Oleh sebab itu, sebagai mahasiswa yang cerdas kita harus mampu memilih lingkungan yang baik. Karena sejatinya lingkungan yang baik akan dikelilingi oleh orang-orang yang baik, kegiatan yang senantiasa produktif, dan motivasi dari sesama teman yang baik. Kita sebagai mahasiswa tidak bisa berjalan sendiri dalam mengarungi dunia perkuliahan, kita harus memilih pergaulan yang baik agar pribadi kita menjadi lebih baik.

Kita sebagai mahasiswa harus mampu memilih perbuatan amar ma’ruf nahi munkar. Karena sejatinya setiap perbuatan kita pada masa muda ini akan dimintai pertanggungjawaban, sehingga kita harus senantiasa mengisi waktu dengan hal yang bermanfaat dan berpahala. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Ali Imran ayat 104.

jmg2

Tips agar senantiasa istiqomah melaksanakan perbuatan yang baik :

  1. Memilih lingkungan yang baik
  2. Memilih teman dekat yang baik secara agama dan perilakunya
  3. Senantiasa mengisi waktu dengan aktivitas yang produktif
  4. Senantiasa upgrade diri untuk meningkatkan ilmu agama dan akademik

Semoga kita senantiasa dalam perlindungan Allah untuk istiqomah dalam lingkungan yang baik. Dan kita berkewajiban untuk menyibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat dan jangan sampai menyia-nyiakan perkara penting baik berkenaan perkara agama maupun perkara dunia. Mari kita berusaha keras untuk menggapai ridha dan petunjuk Allah agar kehidupan kita sukses di dunia dan akhirat.

Scroll To Top
shared on azmobi.net