(Sleman, 3/3/12) Setelah tertunda beberapa pekan, musyawarah kerja Jama’ah Muslim Geografi periode kepengurusan 1433 – 1434 H akhirnya dilaksanakan pada hari Sabtu 3 Maret 2012 M, bertepatan dengan 9 Rabi’ul Tsani 1433 H di ruang B202 Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada. Musyawarah kerja ini dimulai pada pukul 09.30 pagi dipandu oleh M. Dhiya ‘Ulhaq dan Andi Abdul Manaf. Acara dibuka dengan pemutaran film “Islam (Shift Your Paradigm)” yang mengisahkan kondisi islam dulu dan kini. Film pembuka ini memberikan semangat tersendiri bagi peserta musyker untuk dapat turut berkontribusi mengembalikan kejayaan islam.

Pembukaan Musyker 1433 H
Pembukaan Musyker 1433 H

             Selain dihadiri oleh pengurus JMG, baru maupun lama,musyker kali ini dihadiri pula oleh Ketua UKM dan HMJ serta SKI Fakultas lain. Diantara yang hadir ada Fajrun Wahidil Muharram selaku Ketua GSC, M. Ngainul Malawani selaku ketua EGSA, Dydik Setiawan selaku ketua STARGIS dan Hamdi selaku ketua KMFM. Dalam sambutannya, Efri Dian Kusuma selaku Mas’ul JMG berharap pengurus JMG dapat bekerjasama menyukseskan program kerja yang telah direncanakan untuk setahun ke depan. Ibarat mobil yang tidak bisa berjalan tanpa mesin, JMG pun tak bisa berjalan sendiri-sendiri melainkan harus bergerak bersama demi terwujudnya mimpi Geografi yang Madani.

         Sebelum masuk pada pemaparan program kerja, tim nasyid JMG tampil membawakan lagu Cerita Alam. Tim nasyid ini baru terbentuk dengan personil 6 orang, termasuk dua orang MC, ‘Ulhaq dan Manaf. Walaupun baru, penampilan tim nasyid yang diberi nama Jawahir ini cukup segar dan menghibur. Bahkan mereka pun ada jadwal mengisi acara di Fakultas Teknologi Pertanian sesaat setelah tampil di musyker sehingga peran MC harus digantikan oleh Ayip Mukhlis.

Suasana Musyker JMG 1433 H
Suasana Musyker JMG 1433 H

          Departemen pertama yang diberi kesempatan untuk memaparkan program kerjanya adalah Sekretaris Umum oleh Eni Tri Wulandari. Secara umum, program kerja Sekretaris Umum tidak banyak berubah namun sedikit lebih berat seiring dengan adanya renovasi mushola dan sekretariat beberapa waktu lalu. Pukul 11.00 Farid Ibrahim mempresentasikan program kerja dari Departemen Pelayanan, Syi’ar dan Kajian (PESAN). Tahun ini, Departemen Pesan merencanakan adanya kegiatan Semarak Islam Geografi (SIG) sebagai program kerja unggulan. Departemen ini membawahi tiga bidang sekaligus yaitu Pelayanan, Syiar dan Kajian sehingga program kerjanya lebih banyak dibanding Departemen lain. Program kerja Departemen Pesan ini mendapat tanggapan positif dari Wakil Dekan Bidang Akademik, Bapak Luthfi Mutha’ali yang hadir di tengah-tengah acara. Bapak Luthfi Mutha’ali menyoroti etika kesopanan mahasiswa yang cenderung menurun sehingga harapannya sasaran syiar dan kajian bukan hanya anggota SKI. Ini menjadi PR bagi JMG, bagaimana mengemas setiap kegiatan agar dapat menarik massa non-SKI. Beliau juga berharap anggota JMG dapat menjadi cerminan bagi mahasiswa lain, yang tidak hanya shalih secara agama melainkan juga secara sosial. Musyker break sejenak untuk istirahat shalat Dzuhur.

Presentasi Program Kerja
Presentasi Program Kerja

          Pukul 13.00 Ummu Salamah mempresentasikan program kerja Bendahara Umum secara singkat. Harapannya, tahun ini Bendahara Umum dapat mengampu kas agar kegiatan-kegiatan dapat berjalan lancar. Presentasi dilanjutkan oleh Baron Syauqi dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Insani (PSDI). Departemen PSDI dengan 8 fungsi kaderisasinya memiliki 7 program kerja dengan program kerja terdekat adalah Open Recruitment kedua yang akan dibuka pada 12 hingga 16 Maret 2012.

           Departemen Jaringan dengan fungsi penguatan hubungan eksternal memiliki program kerja unggulan untuk tahun ini adalah Reuni Alumni. Saat ini JMG telah menelurkan 12 angkatan alumni. Presentasi dilanjutkan oleh Meidawati dari Departemen Fund Rising. Program kerja Departemen Fund Rising ini banyak mendapat tanggapan positif dan ide-ide cemerlang.

           Selanjutnya, Wulandari menyampaikan program kerja dari Departemen Kemuslimahan. Para Muslimah ini begitu spesialnya sehingga dibuat Departemen tersendiri dengan sasaran kegiatannya khusus bagi akhwat. Musyker sempat break sebentar untuk shalat Ashar. Sebagai penutup, Devki Firmansyah memaparkan program kerja dari Departemen Media Opini. Departemen Media Opini ini erat kaitannya dengan pencitraan JMG di mata masyarakat umum. Hasil dari Musyker ini nantinya akan dibawa ke forum Rapat Koordinasi dengan BEM, UKM dan HMJ se-Fakultas Geografi untuk disinkronkan agar tidak ada overlap kegiatan. (Dini)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X