“Walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman), akan tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha Gagah lagi Maha Bijaksana.”

(Q.S. Al-Anfal : 63)

        Coba perhatikan redaksi kalimat dari petikan ayat di atas, “Allah telah mempersatukan hati mereka”. Ukhuwah adalah hadiah, anugerah dari Allah Subhaanahu wa ta’ala untuk orang-orang mu’min. Karena ukhuwah adalah anugerah maka sudah sepatutnya kita bersyukur, salah satu caranya dengan menjaga erat jalinannya. Hal itulah yang melatarbelakangi diadakannya Temu Alumni Jama’ah Muslim Geografi (JMG) pada Kamis, 15 November 2012 M yang juga bertepatan dengan 1 Muharram 1433 H.

            Dibalik fungsinya sebagai lembaga, JMG adalah keluarga. Temu Alumni JMG yang diinisiasi oleh Departemen Jaringan ini dihadiri oleh kurang lebih 30 orang alumni dengan alumni paling senior dari angkatan 2005. Mungkin angka ini hanya sekian persen dari total alumni yang ada, namun ini sudah menjadi langkah awal yang dapat dijadikan batu loncatan ke depannya. Selain silaturahmi, agenda utama Temu Alumni ini adalah untuk menggolkan pembentukan Forum Alumni JMG yang nantinya akan menjadi wadah bagi alumni untuk saling menguatkan barisan dakwah, khususnya di Fakultas Geografi.

Sesi Foto Bersama Keluarga JMG
Sesi Foto Bersama Keluarga JMG

         Diajukan 4 calon Mas’ul yaitu Syarif Hidayat (SIGPJ 2008), Seftiawan S. Rijal (SIGPJ 2008), Ahmad Syukron Prasaja (GEL 2008) dan Lintang Galih Sukma (GEL 2008) yang akhirnya dikerucutkan menjadi dua yaitu Seftiawan S. Rijal dan Ahmad Syukron Prasaja. Seftiawan atau yang akrab disapa Mas Wawan mulanya agak keberatan saat diajukan sebagai Calon Mas’ul karena saat ini beliau berdomisili di Solo. Namun, di era modern ini jarak tidak lagi menjadi hambatan. Perkembangan teknologi komunikasi mampu mendekatkan yang jauh. Setelah dikerucutkan menjadi dua calon, pemilihan Sekjen dan Mas’ul disepakati oleh kedua calon yang bersangkutan sehingga terpilihlah Seftiawan S. Rijal (SIGPJ 2008) sebagai Sekretaris Jendral serta Ahmad Syukron Prasaja (GEL 2008) sebagai Mas’ul Forum Alumni JMG.

Suasana Musyawarah Pembentukan Forum Alumni JMG
Suasana Musyawarah Pembentukan Forum Alumni JMG

          Musyawarah yang dimulai ba’da ashar ini tidak terasa cepat berlalu. Berhubung waktu maghrib hampir tiba, maka bahasan nama untuk Forum Alumni JMG ditunda setelah sebelumnya terkumpul beberapa usulan nama. Nama adalah do’a sehingga pemberian nama tidak boleh sembarangan. Maka diputuskan untuk nama, struktur kepengurusan dan usulan kegiatan dibahas kemudian dalam Forum Alumni selanjutnya. “Semoga JMG menjadi wadah yang selalu melahirkan kebaikan-kebaikan hakiki, dan forum alumni ini menjadi pemersatu cita-cita dakwah kita”, ujar Nanik Wijayanti, Staf Jaringan JMG 1432 H yang kini diamanahi sebagai Kepala Departemen Kajian Strategis dan Riset BEM KM Fakultas Geografi. “Pokoknya, Ukhuwah till Jannah”, pungkasnya. [Dini]

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X