“Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

     Bantul (09/02/2013) – kutipan hadist riwayat Muslim di atas sekiranya dapat menggambarkan hal yang melatarbelakangi diadakannya acara Sekolah Manajemen Dakwah Kampus(SMDK) ini. SMDK merupakan agenda yang diselenggarakan Jama’ah Muslim Geografi(JMG) sebagai sarana bagi pengurus JMG 1434 H dalam meningkatkan pemahaman tentang lembaga dakwah kampus dan fungsi-fungsi dari departemen yang ada di JMG sehingga diharapkan para pengurus lebih siap dalam menjalankan amanah dalam satu periode ke depan. Acara ini dimulai tanggal 9 Februari 2013 pukul 18.00 di Kecamatan Piyungan, Bantul. Pada hari pertama ini dilaksanakan kegiatan sharing antar pengurus JMG dalam rangka meningkatkan ukhuwah antar satu pengurus dengan yang lain.

          Hari kedua acara SMDK merupakan bagian inti yang terdiri atas empat sesi, yaitu konsep Bangunan Ideal Dakwah Kampus(BIDKA), training motivasi, kelas departemen, dan forum keluarga departemen. Sesi pertama yang berisi tentang konsep BIDKA secara mendalam oleh akhi Efri Dian Kusuma (Mas’ul JS 1434 H). Dalam sesi tersebut peserta mendapat banyak gambaran tentang hubungan hirarki dan sistem koordinasi antara lembaga dakwah kampus dengan seluruh lembaga dakwah fakultas yang ada di UGM. Setelah sesi pertama berakhir, acara dilanjutkan dengan materi training motivasi yang disampaikan oleh bapak Fadli Reza,ST. Selain diberikan motivasi, peserta juga memperoleh pengetahuan tentang tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi dan tanggung jawab mahasiswa muslim sebagai aktivis dakwah kampus.

Suasana kelas Lembaga
Suasana kelas Lembaga
Suasana kelas departemen Syiar dan Kajian
Suasana kelas departemen Syiar dan Kajian

      Setelah training motivasi acara dilanjutkan dengan kelas departemen dan forum keluarga departemen. Pada kelas departemen, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kecil sesuai dengan amanah di masing-masing departemen JMG. Pemateri pada sesi tersebut yaitu alumni-alumni dari berbagai lembaga dakwah kampus maupun lembaga dakwah fakultas yang ada di UGM. Melalui materi yang disampaikan, peserta menjadi lebih paham dan mendapat gambaran mengenai departemen yang akan digelutinya selama satu periode ke depan. Sesi keempat merupakan forum keluarga departemen yang pembagian kelompok pesertanya masih sama dengan sesi sebelumnya, hal yang membedakan adalah pada sesi kelas departemen lebih fokus membahas mengenai arahan kerja di masing-masing departemen sedangkan pada forum keluarga departemen lebih cenderung sebagai ajang untuk mengakrabkan diri antar pengurus dalam satu departemen.

Suasana kelas departemen Jaringan
Suasana kelas departemen Jaringan
Suasana kelas departemen Pengembangan Sumberdaya Insani
Suasana kelas departemen Pengembangan Sumberdaya Insani
Suasana kelas departemen Media Opini
Suasana kelas departemen Media Opini
Suasana kelas departemen Kemuslimahan
Suasana kelas departemen Kemuslimahan

      Sebelum acara SMDK diakhiri, ada momen yang sangat mengasyikan dan makin mempererat ukhuwah antar peserta karena ada sebuah games yang dilanjutkan dengan acara kado silang.  Dipandu oleh MC akhi Baron, peserta dibagi menjadi dua grup yaitu laki-laki dan perempuan. Masing-masing grup diminta untuk merangkai huruf-huruf yang tersebar menjadi rangkaian kata yang sesuai dengan yang dimaksud oleh panitia. Kelompok perempuan berhasil merangkai kata yang dimaksud oleh panitia yang berbunyi “JMG rumahku” sedangkan kelompok laki-laki berhasil merangkai kata-kata menjadi “JMG keluargaku”. Saat ditanya oleh MC mengapa terpikirkan untuk merangkai kata-kata menjadi seperti itu, salah seorang peserta menjawab “sebenarnya kata-kata tersebut terangkai karena hati kami semua telah terhubung satu sama lain bagaikan satu keluarga sehingga kami dapat dengan cepat merangkainya” tutur Haris. Acara SMDK diakhiri dengan kado silang sehingga masing-masing peserta saling bertukar kado yang telah disiapkan sebelumnya. Hasil dari kado silang cukup membuat para peserta senang dan terkejut karena mendapat hadiah yang unik dan tidak disangka sebelumnya seperti makanan ringan, tempat pensil, buku harian, juz ‘amma, dll.

Suasana pada saat acara kado silang
Suasana pada saat acara kado silang
Hasil rangkaian kata pada sesi permainan
Hasil rangkaian kata pada sesi permainan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X