Sleman (17/2/2013) – Dalam rangka mengkoordinasikan agenda-agenda dan berbagai program kerja yang ada di seluruh departemen Jama’ah Muslim Geografi (JMG), oleh karena itu perlu diadakannya suatu forum yang dapat mengakomodir proses koordinasi tersebut. Forum tersebut bernama “Musyawarah Kerja (Musyker) Jama’ah Muslim Geografi” yang akhirnya berhasil terlaksana pada 17 Februari lalu. Musyker ini selain dihadiri oleh para pengurus JMG 1434 H, juga dihadiri oleh Efri Dian Kusuma (mas’ul Jama’ah Shalahuddin 1434 H) dan Ikhsan Wicaksono (ketua ARDGISS periode 2013/2014). Walaupun acara sempat tertunda selama 60 menit dari yang dijadwalkan, akhirnya pada pukul 9.00 acara ini mulai di buka oleh MC Ruslissan yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh akhi Athar.

Suasana Peserta Musyawarah Kerja
Suasana Peserta Musyawarah Kerja

     Sebelum memulai penyampaian program kerja oleh masing-masing departemen, Azzam selaku mas’ul JMG 1434 H menyampaian grand designtahun ini yaitu “Moslem Environmentalist”. Azzam menuturkan bahwa konsepMoslem Environmentalist diusung dalam rangka mewujudkan tatanan lingkungan kampus yang islami. Acara dilanjutkan dengan penyampaian program kerja oleh sekretaris, bendahara, dan seluruh departemen mulai dari departemen Pengembangan Sumber Daya Insani (PSDI), Jaringan, Media Opini, Kemuslimahan, Fund Rising, Syiar dan Kajian, Pelayanan dan Ketakmiran.

Suasana Peserta Musyawarah Kerja 1434 H
Suasana Peserta Musyawarah Kerja 1434 H

          Agenda besar yang akan diadakan oleh JMG pada periode 1434 H yaitu Semarak Islam Geografi (SIG) dan peringatan Hari Bumi dan Lingkungan (HBL). Rencananya, dalam acara SIG tersebut juga akan diadakan Olimpiade Rohis Nasional. Namun Olimpiade Rohis Nasional tersebut masih dipertimbangkan apakah akan tetap dilaksanakan atau tidak. Sedangkan untuk agenda memperingati HBL tahun ini akan mengusung tema tentang ilmuwan geografi pada abad pertengahan. Seluruh hasil Musyker selanjutnya akan dibawa ke Forum Komunikasi UKM (FORKOM) supaya agenda dan program kerja yang akan dilaksanakan dapat dikondisikan dengan agenda-agenda dari seluruh UKM dan HMJ di Fakultas Geografi UGM.

Leave a comment

Your email address will not be published.

X