Sleman (12/05/2013)-Bhakti sosial dan diskusi lingkungan yang diadakan oleh Jama’ah Muslim Geografi (JMG) kali ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Bumi dan Lingkungan (HBL). Kegiatan HBL tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya ialah mencoba mengadakan di luar fakultas dan meyakinkan pengurus untuk memilih panti asuhan sebagai tempat di selenggarakan acara tepatnya di Panti Asuhan Al-Barokah, Dususn Ketandan, Madurejo Prambanan Yogyakarta.

Kegiatan ini merupakan suatu bentuk kepedulian untuk berbagi ilmu kepada anak-anak panti asuhan tentang kecintaan terhadap lingkungan menurut persepektif al-Quran terutama banyak dari anak-anak yang belum mengerti betul tentang peran penting dari lingkungan ataupun kesadarannya untuk mencintai lingkunan. Masih sedikit dari mereka yang peka terhadapnya. Generasi muda sebaiknya membiasakan kepekaan ini, demi terwujudnya perilaku cinta lingkungan. Pemilihan panti ditujukan untuk mencapai sasaran yang berusia anak-anak. Sebab usia anak-anak adalah usia produktif untuk berkarya dan usia berpeluang untuk diajarkan kebiasaan cinta dan peduli akan lingkungan.

Acara dihadiri oleh tiga pengurus gabungan dari panti ikhwan dan akhwat, anak panti, dan pengurus JMG 1434 H. Acara didahului dengan tilawah/ qiroah oleh adik Qori, lalu sambutan-sambutan oleh ketua panitia penyelenggara acara saudara Rizal Faozi Malik, mas’ul JMG 1434 H, dan ketua pengurus panti Al-Barokah. Kemudian talkshow oleh bapak Joko Kristanto, diskusi lingkungan oleh saudara Muhammad Syukron Prasaja, setelah itu games/ ice breaking dan sharing-sharing, pemberian bantuan, serta makan siang bersama.

Capture

Rangkaian acara utama yang dilakukan ada dua antar alain talkshow dan diskusi. Talkshow berisikan diskusi searah yang  mengangkat tema tentang ilmu lingkungan berdasarkan persepektif Al-Quran, sedangkan kegiatan diskusi mengangkat lingkungan terkait masalah lokal daerah panti. Peserta terutama anak-anak panti Baik dalam talkshow maupun diskusi sangat antusias karena penjelasan yang interaktif oleh pembicara dan keterlibatan langsung dalam diskusi.

Sponsor kegiatan kali ini ialah dari R-ZIS UGM (Rumah Zakat Infaq sedekah Universitas Gadjah Mada) U, PSLH (Pusat Studi Lingkungan Hidup) UGM, Dirmawa UGM(Direktorat Kemahasiswaan). Pemberian bantuan kepada pihak panti merupakan bantuan langsung dari pihak R-ZIS

Leave a comment

Your email address will not be published.

X