Kitab Mau’izhatun Nisa

Nasihat untuk Wanita

(Karya Syaikh Abdurrazaq Bin Abdul Muhsin Al Badr)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Nikmat Islam adalah anugerah terbesar yang Allah berikan pada kita, lalu sudahkah kita bersyukur akan nikmat itu? Jangan sampai kita menjadi orang yang sombong dan kufur terhadap nikmat Allah Subhanahu wa ta’ala. Perlu disadari bahwasannya Islam memperbaiki aqidah dan akhlak, memperbaiki kehidupan dunia dan akhirat membuahkan hal-hal yang bermanfaat. Buku Mau’izhatun Nisa berisi tentang kumpulan nasihat-nasihat bagi wanita muslimah, untuk dapat memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Perlu diketahui bahwasannya kebahagiaan berbanding lurus dengan ketaatan. Allah Subhanahu wa ta’ala akan memberi kebahagiaan pada orang-orang yang taat, dan tidak akan mendapat kebahagiaan orang-orang yang durhaka pada Allah ta’ala. Oleh karena itu hendaknya kita berusaha untuk selalu berada dalam ketaatan dan menjauhi hal-hal yang dilarang oleh Allah Subhanahu wa ta’ala agar kita termasuk orang-orang yang bertaqwa serta mendapat kebahagiaan hidup dunia dan akhirat. Sebagaimana yang dijelaskan dalam Q.S An-Nisaa Ayat 31 dan Al-Hujurat Ayat 13 :

إِن تَجْتَنِبُوا۟ كَبَآئِرَ مَا تُنْهَوْنَ عَنْهُ نُكَفِّرْ عَنكُمْ سَيِّـَٔاتِكُمْ وَنُدْخِلْكُم مُّدْخَلًا كَرِيمًا

Artinya “Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga)” (Q.S An-Nisa:31)

إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ

Artinya “Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu” (Q.S Al-Hujurat:13)

Hendaklah seorang wanita mempunyai iman yang kokoh dan senantiasa mendekatkan diri pada Allah Subhanahu wa ta’ala, memohon hidayah dan taufik untuk berada diatas jalan ketaatan dan dijauhkan dari kerusakan. Karena wanita mempunyai musuh yang sangat banyak yang dapat menjeremuskannya ke dalam kehinaan dan merusak kemuliaannya. Dalam islam wanita begitu mulia bak mutiara yang sangat berharga dan harus dijaga.

Wanita muslimah harus menyadari bahwasannya untuk memperoleh kebahagiaan maka ia harus berjalan diatas jalan yang lurus. Beberapa perintah pada wanita muslimah yang terdapat dalam Al-Qur’an yaitu :

a. Jangan berbicara dengan mendayu-dayu atau dilembut-lembutkan terutama jika dangan laki-laki (Q.S Al-Ahzab:32)

b. Perhatian masalah ibadah, betah untuk berada di rumah dan menghindari tabarruj yang dapat menarik perhatian laki-laki (Q.S Al-Ahzab:33)

c. Larangan untuk berkhalwat dan ikhtilat (Q.S Al-Ahzab:53)

d. Wajib untuk menutup aurat dan mempunyai rasa malu (Q.S Al-Ahzab:59)

e. Menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan (Q.S An-Nisaa:31)

Semoga kita termasuk orang-orang yang bertaqwa, aamiin

الْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن

 

 

Klaten, 4 Dzulqo’dah 1441 H

(Ummu ‘aisyah)

Photo by Hasan Almasi on Unsplash

 

Leave a comment

Your email address will not be published.

X